A. Definisi

Definisi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan

Larutan adalah campuran homogen yang tidak dapat dipisahkan antara pelarut dengan zat terlarutnya. Contoh dari larutan: larutan gula (pelarutnya air dan zat terlarutnya gula pasir). Larutan dapat dibedakan menjadi tiga bagian sebagai berikut:

  1. Larutan Belum Jenuh: larutan yang masih dapat melarutkan zat terlarutnya.
  2. Larutan Jenuh: larutan yang tepat habis bereaksi dengan zat pelarutnya.
  3. Larutan Lewat Jenuh: larutan yang masih dapat melarutkan zat terlarutnya namun di saat yang sama juga membentuk endapan.

Istilah kelarutan (solubility) digunakan untuk menyatakan jumlah maksimum zat yang dapat larut dalam sejumlah pelarut tertentu. Satuan kelarutan (s) di sini dinyatakan dalam mol/L (M), sehingga rumus mencari kelarutan sama dengan rumus mencari molaritas, yaitu sebagai berikut:

Untitled

Perak kromat (Ag2CrO4) merupakan garam yang sukar larut dalam air. Jika kita melarutkan sedikit saja garam tersebut ke dalam air, akan terlihat bahwa sebagian besar garam tersebut tidak dapat larut (terdapat endapan). Larutan perak kromat mudah sekali jenuh.   Dalam larutan jenuh, tetap terjadi proses melarut namun pada saat yang sama terjadi pula proses pengendapan dengan laju yang sama. Dengan kata lain, pada keadaan jenuh terdapat kesetimbangan dinamis antara zat padat tak larut dengan ion-ionnya. Adapun kesetimbangan larutan jenuh perak kromat adalah sebagai berikut:

Ag2CrO4(s) ⇄ 2Ag+ (aq) + CrO42-(aq)

Setelah apa yang Anda pelajari di atas, mari kita lihat kartun konsep di bawah ini, dan berikan jawaban Anda di kolom komentar. Anda boleh setuju atau tidak setuju dengan jawaban salah satu kartun, Anda juga bebas memberikan pendapat sendiri.

Slide05

home-icon

Mudjacking-Concrete-Lifting-Green-Bay-Appleton-WI~~element90arrow-1-png